Senin, 25 Juli 2011

Obyek Wisata Bahari Indonesia

byek Wisata Bahari Indonesia

A. WISATA TAMAN LAUT / KARANG LAUT / BAWAH LAUT.


Kaindahan panorama taman karang laut sangat menawan hati sangat perlu dijaga kelestariannya. Oleh sebab itu sekarang banyak taman laut dilindungi menjadi kawasan konservasi yang dapat dijadikan tempat rekreasi.
Taman laut di Indonesia contohnya antara lain :

1. CAGAR ALAM LAUT BANDA.


Terletak sekitar 120 km sebelah tenggara pantai pulau Seram, Maluku. Luasnya 2.500 ha . Cagar alam ini terdiri dari kelompok kepulauan yang kedalaman airnya belum diketahui secara pasti.

Laut Banda memiliki 350 species biota laut, berbagai jenis kerang dan ikan.

2. TAMAN LAUT BUNAKEN.



Terletak di dekat kota Manado, Sulawesi Utara. berbagai jenis ikan karang, jenis tumbuh-tumbuhan laut dan hewan penghuni terumbu karang seperti anemon, teripakng, lolak (sejenis tiram laut, Trochus niloticus) dan sponge laut. Obyek wisata ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.

3. TAMAN NASIONAL TAKA BONERATE.
terletak di Laut Flores di sekitar pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Taman Nasional Taka Bonerate merupakan gugusan pulau karang jenis atol yang terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifeit di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di kepulauan Maldiva (Maladewa). Luasnya 2.500 km2 (530.765 ha).
Jumlah pulau yang ada di daerah ini adalah sebanyak 21 buah pulau, di mana 6 pulau di antaranya dihuni oleh penduduk. Perairannya yang dangkal sehingga mudah menyaksikan kehidupan bawah laut. Taman karang memiliki potensi makanan bagi sekitarnya, sehingga hewan dan ikan banyak berkumpul pada kawasan ini. Taman Karang Bonerate memiliki keunikan tersendiri yakni dikelilingi gugusan pulau-pulau.

Fauna.
Jenis fauna utamanya fauna laut, yang dapat ditemukan di wilayah ini di antaranya :

Ikan.
Di kawasan ini terdapat lebih kurang 350 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Jenis-jenis ikan tersebut antara lain: Kerapu, Cakalang, Tenggiri, Ikan Napoleon, Baronang, dan sebagainya.

Karang.
Telah diidentifikasi sebanyak 237 jenis terumbu karang yang tumbuh di kedalaman 5 - 20 meter. Jenis-jenis tersebut antara lain: Akar Bahar, Karang Meja, Karang Tanduk. Secara umum jenis-jenis karang telah membentuk terumbu karang, baik dalam bentuk atoll maupun terumbu tepi.Salah satu spesies karang yang dilindungi adalah Karang Hitam.

Mollusca (Binatang Lunak).
Tercatat 101 jenis antara lain : Lola, Kerang Kepala Kambing, Triton, Batulaga, Kima Raksasa, Kerang Mutiara, Nautilus, Cumi-cumi, dan Gurita.

Penyu.


Ada 4 buah jenis yang ada di kawasan ini yakni: Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Lekang, dan Penyu Tempayan.

Echinodermata (Binatang berkulit duri)
Jenis-jenis echinodermata yang ditemui di perairan Taka Bonerate antara lain: Teripang, Bintang Laut, Lili Laut dan Bulu Babi.


4. TAMAN NASIONAL KARIMUN JAWA.



Jaraknya 12 km di utara Semarang, Jawa Tengah. Luasnya sekitar 112 ha dengan kedalaman air rata-rata 12 - 30 m. Di Taman Karang ini terdapat kima raksasa (sejenis siput besar).Ada dua jenis kima yaitu Kima Gebang yaitu kima besar yang biasa dipakai untuk tempat air dan Kima Kelereng yaitu kima kecil yang cangkangnya bulat menyerupai kelereng dan sangat keras. Di samping daging kima, juga cangkangnya di jual mahal untuk pembuatan ubin. Pada pantainya tumbuh hutan bakau yang menjadi tempat burung laut bersarang seperti : blekok, brung bangau hitam, pelatuk besi, belibis dan sebagainya.

5. TAMAN KARANG KEPULAUAN SERIBU.
Berjarak sekitar 50 km dari Jakarta. Luas kawasan ini sekitar 110.000 ha. Perairan dangkal dengan kedalaman satu hingga tiga meter. Beberapa hewan yang ada yakni : penyu sisik, ikan karang walaupun jumlahnya terus berkurang.

6. TAMAN LAUT ALOR.
Kabupaten Alor terletak di bagin timur Pulau Flores. Pulau ini dikitari oleh lautan yang mempunyai keindahan bawah laut. Para penyelam luar negeri menjadikan Laut Alor sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Keindahan yang ada tidak bisa dilepaskan dari indhanya terumbu karang, jernihnya air serta aneka hayati laut yang belum rusak.
Menurut catatan, setidaknya ada lebih dari 26 titik selam do perairan Pantar - laut yang memisahkan Pulau Alor dan Pulau Pantar yang menjadi incaran penyelam dalam maupun luar negeri. Per tahunnya rata-rata lebih dari 100 orang penyelam luar negeri datang di perairan Alor.
Di sampin wisata bawah laut, hasil laut berupa ikan antara lain : Ikan Layang, Paperek, Kerapu, Ekor Kuning, layur, selar, tembang, cakalang, tuna, julung-julung, cendro, kembung, dan kakap.


7. TAMAN LAUT WAKATOBI.


Taman Laut Wakatobi terletak di antara Laut Banda dan Laut Flores, sebelah tenggara Pulau Buton dan merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Wakatobi Propinsi Sulawesi Tenggara.


Taman Nasional Wakatobi memiliki potensi yang cukup bagi pariwisata alam. Secara khusus kegiatan pariwisata dapat dilakukan di pulau-pulau tersebut misalnya : keindahan pemandangan pantai, volley pantai, fotografi, snorkling, dan menyelam. Hasil ikan dari taman laut ini misalnya : Ikan Napoleon, Kepe-kepe, Cakalang, Kerapu, Cucut, dan Kakap.
Kumpulan batuan-batuan karang dapat ditemui di sepanjang daerah ini dikelompokkan dalam 3 macam keunikan, yaitu :


1. Fringing Reef, ditemukan di seluruh kepulauan Wakatobi.
2. Barier Reef, ditemukan di batu karang di Pulau Kaledupa, Tomia, dan Kapota.
3. Atool Reef, ditemukan di Pulau Koko dan Maromaho.



B. WISATA PANTAI.
Beberapa obyek wisata pantai yang ada di Indonesia antara lain:
Di Pulau Jawa :
1. Pantai Carita di Banten.
2. Pantai Binaria di Jakarta.
3. Pantai Kenjeran di Surabaya.
4. Pantai Parangtritis di Jogjakarta.
5. Pantai Watu Ulo di Banyuwangi.
6. Pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat.
7. Pantai Pasir Putih di Situbondo.
8. Taman Wisata Bahari di Lamongan.
9. Pantai Teleng Ria di Pacitan.

Di luar Pulau Jawa :
1. Pantai Kuta di Bali.
2. Pantai Sanur di Bali.
3. Pantai Manjangan
4. Pantai Tanjung Pesak di Sulawesi Utara.
5. Bandanaire di Maluku.
6. Maumere di Flores.
7. Pulau Batam
8. Pulau Bintang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar